Langsung ke konten utama

Berkenalan Dengan Aplikasi SAMBARA


sumber: bapenda.jabarprov.go.id
Sebagai penduduk warga negara Indonesia yang tinggal di provinsi Jawa Barat. Salah satu kewajiban yang harus dibayarkan adalah pajak tahunan kendaraan. Saat ini saya memiliki satu kendaraan roda dua (walau di STNK masih dengan nama adik) dan untuk jatuh tempo pembayaran pajak tahunannya adalah di tiap bulan Desember.
Dari pada kita ikut memadati kantor SAMSAT, bagi saya kita datang ke sini minimal untuk pembayaran pajak kendaraan 5 tahunan, karena diharuskan untuk esek-esek nomor mesin dan nomor rangka kendaraan. Atau bagi mereka yang ingin mengubah nama kepemilikan di STNK.


Pemerintah provinsi Jawa Barat menghadirkan layanan SAMBARA (Samsat Mobile Jawa Barat). Saya sendiri di Februari 2017 masih membayar pajak kendaraan dengan mendatangi loketnya yang di Taman Topi Square.
Untuk Desember 2018 saya membayar pajak tahunan kendaraan cukup melalui ATM BCA yang dekat dari rumah. Sebelumnya kita meminta kode bayar melalui aplikasi SAMBARA. Kode ini yang nantinya akan kita input di ATM.
Berikut ini cara untuk mendapatkan kode bayarnya:
Dalam aplikasi SAMBARA masuk ke "INFO DAN LAYANAN" klik "Info PKB" di dalamnya ada kolom huruf -4 angka - dua atau tiga huruf terakhir. Isi dengan nomor registrasi kendaraan kita. Untuk kolom warna kendaraan adalah hitam dengan dua warna lainnya; merah dan kuning. Klik "Cari" kemudian aplikasi akan memuat data ke server dengan hasilnya berupa "INFO KENDARAAN" dan "INFO PAJAK KENDARAAN DAN PNBP" klik di bagian paling bawah "Lanjut Daftar Online?" Pilih "Ya" untuk mendapatkan kode bayar, sebelumnya dengan mengisi kolom "No KTP/NPWP" sesuai di data STNK dan kolom "No Rangka (5 Digit Akhir)" klik "Proses" kemudian "Kode Bayar" akan muncul.


kode bayar yang saya gunakan untuk pembayaran pajak kendaraan tahun 2018
Dan, saat kita telah siap di depan ATM BCA, berikut ini adalah langkah-langkahnya:
- Masuk menu MPN > PAJAK KENDARAAN > PEMBAYARAN PAJAK
- Input kode sandi Provinsi Jawa Barat (032)
- Input kode bayar yang kita dapatkan dari aplikasi SAMBARA tadi.
- Muncul informasi kendaraan dan rincian pajak yang harus kita bayar. Setelah transaksi kita bayar, struknya sudah cukup sebagai bukti pembayaran pajak kendaraan kita yang sah, tidak perlu datang ke SAMSAT lagi.
Jika struk tadi hilang, kita dapat kembali cetak di ATM, di bagian awal menu MPN selain "PAJAK KENDARAAN" ada bagian "CETAK ULANG BUKTI PAJAK KENDARAAN' atau melalui aplikasi SAMBARA kita dapat mencetak bukti pembayaran pajak kendaraan di bagian "PEMBAYARAN" menu "Bukti Bayar" klik tanda (+) di bagian pojok kanan input nomor registrasi kendaraan kita dan NIK di kolom yang tersedia. Setelah muncul di halaman "Bukti Bayar" dengan data berupa; nomor registrasi kendaraan, kode bayar dan warna serta di mana kita melakukan pembayaran disertai dengan tanggal. Data ini setelah diklik akan muncul pop-up "Bukti Bayar" dan "QR Code". Klik "Bukti Bayar" kita akan mengunduh e-skkp dengan masa berlaku hingga masa satu tahun ke depan. Sudahkah anda membayar pajak kendaraan? Unduh aplikasi SAMBARA di sini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Beady Eye

Inilah band terbarunya  Liam Gallagher, setelah memutuskan keluar dari band lamanya OASIS. Bertepatan dengan debutnya Beady Eye, mereka juga mengeluarkan single berjudul "Bring The Light" yang dapat di download disini. Personilnya sendiri terdiri dari Liam, Andy Bell, Gem Archer, dan Chris Sharrock tanpa Noel.

Tunjang Produktivitas dengan Modern PC

Zaman kita sekarang ini bekerja itu bisa dibilang dapat di mana aja, seperti saya yang saat ini mengerjakan tulisan ini, saya tulis di rumah (kontrakan) baru saya di daerah Cilandak. Era yang dapat disebut sebagai eranya achievement.
Definisi dari modern Life productivity menurut Hadi Gunawan Sugito, Consumer Master Trainer Microsoft Indonesia dalam presentasinya  Organize your life, kita akan lebih bisa mengoptimasi kehidupan kita. Secure, zaman sekarang keamanan itu sangat penting. Data, contohnya di dalam telepon selular kita pastinya ada banyak, akan lebih penting lagi data apa yang ada di dalamnya.Unlock your creativity, zaman sekarang untuk mengoptimasi sebuah kreativitas orang tidak terbatas pada tempat atau device, tapi orang mau bekerja dengan device apa aja dia masih bisa menunjang sebuah prduktivitas. Pursue your passion, bagi teman-teman yang menghadiri acara ini tentunya sebagai orang yang gemar menulis.
Dengan adanya modern life, kita semua tidak berpatokan pada tempat …

Savasa Deltamas, Hunian Kota Pintar Kolaborasi Sinar Mas Land dengan Panasonic di Kota Deltamas

Kawasan Bekasi, Cikarang, Karawang hingga Purwakarta banyak ditempati oleh kawasan industri. Salah satu kawasan industri yang saya beserta teman-teman blogger lainnya kunjungi pada Sabtu, 15 September 2018 adalah Kota Deltamas. Yang telah dikembangkan sejak 20 tahun yang lalu oleh PT Puradelta Lestari, kota modern mandiri yang dibangun di atas lahan seluas 3177 hektar, yang di dalamnya ada kawasan pemukiman, kawasan komersial dan industri dengan standar internasional dengan berbagai fasilitas dan infrastruktur kelas dunia. Kota Deltamas sangat mudah diakses dari jalan tol Jakarta-Cikampek dengan akses utama di pintu KM 37 Cikarang Pusat.

Lihat postingan ini di Instagram

Padahal udah banyak mencoba merekam...cuma segini jadinya 😂 @savasa.deltamas @sinarmas_land #SavasaDeltamas #Sinarmasland Sebuah kiriman dibagikan oleh Hendra Gunawan (@ndraverne) pada 15 Sep 2018 jam 12:31 PDT
Dikembangkan oleh Sinar Mas La