Langsung ke konten utama

HASDUK BERPOLA: Mengingatkan Akan Masa SD

Biasanya saya menulis seputar kegiatan Film Indonesia setelah saya mengikuti acara Screening, baik itu Gala Premiere, Press Screening atau pun Sneak Preview. Kali ini saya mencoba menceritakan satu Film Indonesia yang bertema tentang Nasionalisme & Patriotisme Kebangsaan yakni film HASDUK BERPOLA, film yang rencana awalnya tayang pada saat hari pahlawan 2012 mundur menjadi 21 Maret 2013. Mari kita simak Official Trailer dari HASDUK BERPOLA:


Dari tayangan awal yang diperlihatkan ada satu kegiatan di dalam PRAMUKA yang dikenal dengan istilah SEMAPHORE. Semaphore adalah suatu cara untuk mengirim dan menerima berita dengan menggunakan benderadayungbatang, tangan kosong atau dengan sarung tangan. Informasi yang didapat dibaca melalui posisi bendera atau tangan. Namun kini yang umumnya digunakan adalah bendera, yang dinamakan bendera semaphore. Pengiriman sandi melalui bendera semaphore ini menggunakan dua bendera, yang masing-masing bendera tersebut berukuran 45 cm x 45 cm. Bentuk bendera yang persegi merupakan penggabungan dua buah segitiga sama kaki yang berbeda warna. Warna yang digunakan sebenarnya bisa bermacam-macam, namun yang lazim digunakan adalah warna merah dan kuning, dimana letak warna merah selalu berada dekat tangkai bendera. Pada awal abad ke 19, semaphore digunakan dalam komunikasi kelautan. (via wikipedia).

Dalam tayangan selanjutnya Budi (diperankan oleh Bangkit Prasetyo), bersiap menuju sekolah dengan pakaian pramukanya walau hanya menggunakan hasduk dari bahan yang lusuh dan tidak bermotif merah putih seperti seharusnya. Dari balik pintu, adiknya Bening (diperankan oleh Fay Nabila Rizka) tampak mengamati. 
Kakak Pembina Pramuka, Nuri (diperankan oleh Alisia Rininta) dan Sita (diperankan oleh Meitha Thamrin) mengumumkan akan mengadakan kegiatan JAMBORE, yakni  Pertemuan Pramuka Penggalang dalam bentuk perkemahan besar. Teman-teman Budi tampak antusias menyambut acara JAMBORE, tidak dengan dirinya yang tertunduk lesu melihat hasduk yang dipakai olehnya. Selain Kak Nuri dan Kak Sita tampak juga Kak Nandi (diperankan oleh Calvin Jeremy) dan Kak Indra (diperankan oleh Petra Sihombing). 
Kakek dari Budi, Masnun (diperankan oleh Idris Sardi) seorang veteran perang yang telah berusia 79 tahun adalah salah satu pemberi semangat Budi untuk tetap mengikuti kegiatan JAMBORE, sang kakek sangat sayang kepada cucunya ini hingga sang Ibu, Rahayu (diperankan oleh Iga Mawarni) merasa sang kakek terlalu memanjakan Budi
Dalam film HASDUK BERPOLA ini Budi selalu berseteru dengan Kemal (diperankan oleh Azriel Nurvito Nusantara) yang sama-sama aktif di kegiatan ekstrakurikuler Pramuka. Bermacam cara dilakukan oleh Budi termasuk bekerja menjadi kuli panggul di pasar demi bisa membeli peralatan Pramuka yang akan digunakan saat JAMBORE nanti. 
Selain Bangkit Prasetyo dan Azriel Nurvito Nusantara terdapat 8 anak lagi pemeran dari teman-teman Budi dan Kemal, mereka adalah anak-anak berbakat dari Surabaya dan Bojonegoro. Di akhir dari trailer tampak kegiatan JAMBORE, mengingatkan akan masa SD saya saat mengikuti kegiatan ekstakurikuler Pramuka, yang paling saya ingat dari PERSAMI yang saya ikuti, saya tergabung ke dalam tim Garuda, lagu penyemangatnya pun saya masih dapat ingat.

"Dengan regu Garuda siap mengadu jiwa demi nusa dan bangsa..."

Informasi seputar film HASDUK BERPOLA dapat diikuti perkembangannya melalui Twitter: @HasdukBerpola dan Facebook fanspage: filmhasdukberpola. Semoga saya dapat menghadiri acara Gala Premiere dari film ini dan tentunya menambah koleksi undangan fisik Gala Premiere Film Indonesia yang saya kumpulkan.

Sumber gambar Semaphore saya ambil via pramukanet.org

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Cara Bersihkan Kuman dan Bakteri Yang Bersarang di Dinding

Bagaimana kegiatan kalian selama di rumah aja untuk membantu pemerintah dengan Pembatasan Sosial Berskala Besar sekarang ini? Kita semua harus dapat menjaga kesehatan masing-masing dan keluarga. Selain tiap pagi menunggu sinar matahari pagi yang siap kita sambut, terus apalagi men temen? Untuk membersihkan bakteri dan kuman yang ada di rumah kita juga harus rutin membersihkan tempat tinggal masing-masing. Saya sih semakin rajin untuk menyikat area kamar mandi, terutama area lantai yang jarang diinjak, akan menjadi licin jika tidak sering disikat.

Karena tidak memiliki air purifier, kipas angin yang biasa kami gunakan tidak lupa untuk dibersihkan kipasnya dari debu yang menempel.
Eh iya dinding juga harus banget kita bersihkan. Sebab, tanpa kalian sadari, dinding rumah bisa menjadi sumber kuman maupun bakteri berbahaya yang dapat mengganggu kesehatan anggota keluarga di rumah. Selain menimbulkan berbagai penyakit, bakteri pada dinding juga bisa menyebabkan bau tidak sedap dalam ruangan…

Tunjang Produktivitas dengan Modern PC

Zaman kita sekarang ini bekerja itu bisa dibilang dapat di mana aja, seperti saya yang saat ini mengerjakan tulisan ini, saya tulis di rumah (kontrakan) baru saya di daerah Cilandak. Era yang dapat disebut sebagai eranya achievement.
Definisi dari modern Life productivity menurut Hadi Gunawan Sugito, Consumer Master Trainer Microsoft Indonesia dalam presentasinya  Organize your life, kita akan lebih bisa mengoptimasi kehidupan kita. Secure, zaman sekarang keamanan itu sangat penting. Data, contohnya di dalam telepon selular kita pastinya ada banyak, akan lebih penting lagi data apa yang ada di dalamnya.Unlock your creativity, zaman sekarang untuk mengoptimasi sebuah kreativitas orang tidak terbatas pada tempat atau device, tapi orang mau bekerja dengan device apa aja dia masih bisa menunjang sebuah prduktivitas. Pursue your passion, bagi teman-teman yang menghadiri acara ini tentunya sebagai orang yang gemar menulis.
Dengan adanya modern life, kita semua tidak berpatokan pada tempat …

Asia Pacific Predator League 2020 Dibuka! Lebih Seru dan Megah dengan Total Prize Pool US$400.000

Setelah menuai sukses dan menjadi ikon perhelatan kompetisi eSport terbesar di Asia Pasifik selama dua tahun berturut-turut (liputan tahun sebelumnya di sini dan di sini) tahun ini Acer kembali menyelenggarakan Asia Pacific Predator League 2020 yang lebih besar, spektakuler dan akan diikuti oleh semakin banyak talenta eSport. Negara yang berpartisipasi pun semakin banyak, menjadikan acara tahunan Acer ini semakin mendunia dan disukai oleh gamers mancanegara. Ribuan team di Asia Pasifik akan berpartisipasi untuk berlaga dalam dua kategori game yang dipertandingkan, yaitu DOTA 2 & Player Unknown’s Battlegrounds (PUBG).
Predator, brand dengan deretan perangkat gaming yang terlengkap, melalui Asia Pacific Predator League 2020 ini akan mengumpulkan para gamer dari 17 negara mulai dari Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, Vietnam, Australia, India, Singapura, Hong Kong, Macau, Japan, Korea Selatan, Taiwan, Mongolia, Sri Lanka, Bangladesh, dan Myanmar. Para gamer yang bertarung untuk …