Mari Kita Sambut Kelahiran Baran Energy, Bayi Unicorn Yang Akan Membuat kita Tidak Perlu Bayar Listrik

Gambar
JAKARTA, JUNI 2019 - Akhir-akhir ini, banyak perhatian masyarakat tertuju pada sejumlah tokoh muda sukses dunia, sebut saja misalnya Mark Zuckerberg pemilik Facebook, Jan Koum pendiri WhatsApp, atau  Elon Musk pengusaha muda sukses yang popular dengan beberapa bisnis bertema teknologi futuristik mulai dari bisnis otomotif ramah lingkungan hingga proyek perjalanan lintas angkasa.
Jika di luar negeri sudah banyak anak–anak muda yang sukses di bidangnya masing–masing, di Indonesia pun banyak anak anak muda yang memiliki potensi luar biasa, bahkan sudah sukses. Adalah Victor Wirawan, anak muda milenial Indonesia yang berinisiatif mengembangkan teknologi di bidang energi terbarukan.
Victor, yang oleh teman–teman dan relasinya disamakan dan dijuluki sebagai Elon Musk versi Indonesia tersebut, saat ini bersama dengan puluhan anak–anak muda milenial berbakat di bawah naungan Baran Energy, di antaranya sedang mengembangkan teknologi power storage yang bisa menampung energi listrik, baik yang …

Diskusi Menuju Indonesia Merdeka Sinyal

Para pembicara dalam acara "Menuju Indonesia Merdeka Sinyal"
Hari Rabu, 10 April 2019 saya mengikuti salah satu kegiatan dari Forum Merdeka Barat 9 dengan mengangkat tema "Menuju Indonesia Bebas Sinyal".
Para pembicara di antaranya menghadirkan:
- Janu Suryanto - Direktur Industri Elektronika dan Telematika Kementrian Perindustrian,
- Meidiyanto Andwiputro - GM Marketing PT. Pasific Satelit Nusantara,
- Aba Maulaka - Kadis Kominfo Provinsi NTT,
- Anang Latif - Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (Bakti).
Indonesia negara dengan jumlah kepulauan terbesar yang membentang dari Sabang sampai Merauke. Dengan jumlah pulau sebanyak 17.504 dan luas wilayah mencapai 1.91 juta persegi, Indonesia membutuhkan teknologi yang dapat mengintegrasikan seluruh wilayah untuk mengatasi kesenjangan antar wilayah yang ada selama ini.

Para pembicara yang hadir satu persatu membagikan pemaparannya, paling menarik tentunya dari Bapak Aba Maulaka selaku Kepala Dinas Kominfo Provinsi NTT. Beliau mengatakan di Provinsi NTT sana bekerja sama secara langsung dengan Facebook untuk UMKM dalam memasarkan produknya. Manfaatkan yang dirasakan juga dengan hadirnya layanan bagi masyarakat berbasis elektronik seperti:
- e-Pengaduan
- e-Tourism
- Samsat Online dll

Selain Bapak Aba Maulaka, pembicara lainnya Meidyanto Andwiputro dari PT Pasific Satelit Nusantara, operator satelit swasta tertua di Indonesia.
Dengan menghadirkan layanan Sinyalku yang dijual dengan sistem voucher dengan harga dimulai dari Rp3500. Bekerja sama dengan model yang semacam warung internet di daerah-daerah. Mereka juga bekerja sama langsung di rumah, toko, warung dan kantor desa. Di tahun 2020 PT Pasific Satelit Nusantara akan meluncurkan Nusantara Dua.

Sebagai respon atas skenario Indonesia di tahun 2045 dan Revolusi Industri 4.0 yang mendatangkan disrupsi di segala bidang kehidupan, pemerintah membangun proyek Palapa Ring yang terbagi menjai Paket Barat, Tengah dan Timur.
Selain jaringan internet cepat dari proyek Palapa Ring akan memberikan internet dengan harga yang lebih murah, sehingga peluang masyarakat dalam menggunakan internet untuk sebuah kemajuan semakin besar.


Komentar

  1. Dambaan banget, internet murah, sinyal ngebut 😉

    BalasHapus
  2. Keren tuh inovasinya, layanan Sinyalku yang dijual dengan sistem voucher.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menikmati Layanan Konten Premium KLIX TV yang Mengecewakan

Di Promo 12.12 Pertama Kali Menggunakan Aplikasi DANA

Grand Wisata, Kota Mandiri dari Sinar Mas Land di Timur Jakarta