Diskusi Menuju Indonesia Merdeka Sinyal

Gambar
Hari Rabu, 10 April 2019 saya mengikuti salah satu kegiatan dari Forum Merdeka Barat 9 dengan mengangkat tema "Menuju Indonesia Bebas Sinyal".
Para pembicara di antaranya menghadirkan:
- Janu Suryanto - Direktur Industri Elektronika dan Telematika Kementrian Perindustrian,
- Meidiyanto Andwiputro - GM Marketing PT. Pasific Satelit Nusantara,
- Aba Maulaka - Kadis Kominfo Provinsi NTT,
- Anang Latif - Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (Bakti).
Indonesia negara dengan jumlah kepulauan terbesar yang membentang dari Sabang sampai Merauke. Dengan jumlah pulau sebanyak 17.504 dan luas wilayah mencapai 1.91 juta persegi, Indonesia membutuhkan teknologi yang dapat mengintegrasikan seluruh wilayah untuk mengatasi kesenjangan antar wilayah yang ada selama ini.

Para pembicara yang hadir satu persatu membagikan pemaparannya, paling menarik tentunya dari Bapak Aba Maulaka selaku Kepala Dinas Kominfo Provinsi NTT. Beliau mengatakan di Provinsi NTT sana bek…

Menikmati Layanan Konten Premium KLIX TV yang Mengecewakan

Casting KLIX TV ke Chromecast
 Bulannya  di tahun 2018 beda dengan pergelaran di tahun sebelumnya. Di tahun ini untuk pemegang hak siar bukan hanya dimonopoli oleh TV terestrial yang dapat kita nikmati kontennya secara gratis melalui antena biasa. Selain melalui TV terestrial, kini kita juga dapat menonton semua pertandingan piala dunia melalui aliran langsung dengan aplikasi yang kita pasang di gawai.
Ada dua aplikasi yang cukup menonjol selama gelaran piala dunia tahun ini; KLIX TV dan MAXstream dari Telkomsel.
Sebagai pengguna Telkomsel, harusnya saya beruntung dan dapat menikmati konten yang dihadirkan oleh MAXstream dengan harga promo Rp10 untuk 30GB selama satu bulan. Sayangnya gawai yang saya gunakan tidak cocok dengan aplikasi ini. Dan aplikasi MAXstream tidak mendukung untuk fitur chromecast.
Satu lagi aplikasi yaitu KLIX TV, aplikasi premium ini menawarkan konten utama aliran siaran langsung piala dunia dengan kualitas High Definition (HD). Selain pertandingan piala dunia yang disajikan secara penuh, KLIX TV menghadirkan juga saluran tv nasional Indonesia, sayangnya hanya CNN Indonesia yang lancar diakses. Saluran lainnya agak sulit diakses (bisa sih...).
KLIX TV diawal penawarannya langsung dengan harga Rp99.000 untuk biaya akses konten hingga akhir bulan Agustus 2018. Kita tidak diberi kesempatan untuk mencoba terlebih dahulu.
Dan....kekecewaaan demi kekecewaaan pelanggan dimulai sejak pertandingan pertama.
Bagi saya salah satu fitur yang dinanti adalah akses chromecast aplikasi ini untuk dapat menikmati kontennya di layar televisi dengan Android TV box atau tv yang memang sudah dilengkapi akses chromecast.
Memasuki pertandingan kedua, KLIX TV bekerja sama dengan MOX Digital. MOX Digital yang menghadirkan konten film-film Indonesia sejak pertama hadir sudah asyik untuk menggunakan fiturnya dipadu padan dengan chromecast. Begitu pun saat bekerja sama dengan KLIX TV. Yang disayangkan justru KLIX TV sendiri belum memiliki fitur chromecast.

Menonton "Cek Toko Sebelah" di MOX Digital dengan fitur chromecast

Akhirnya KLIX TV menghadirkan fitur chromecast, sayangnya ada keterlambatan hingga 2 jam saat dipadu padankan dengan chromecast. Di tanggal 6 Juli saya mengirimkan email ketidaksinkron ini, baru di tanggal 12 Juli padu padannya benar-benar nyaman. Tidak sempurna sih....minimal yang sekarang mereka siarkan dapat saya nikmati langsung di tv saya (foto di header tulisan).
menikmati tayangan Warner TV di aplikasi Tribe dengan fitur chromecast
Di tulisan ini saya cukup membandingkan KLIX TV dengan MOX Digital dan Tribe ASTRO.
Bahkan kini di KLIX TV telah menghadirkan konten dari MOX Digital, dengan film Indonesia "Ayat Ayat Cinta 2".Yang menjadi penasaran sih, apa yang akan disajikan oleh KLIX TV selepas gelaran piala dunia ini? Untuk menonton saluran televisi lokal ada Vidio yang justru kita mendapatkan konten premium NBA dengan GRATIS! Menonton film Indonesia? Di MOX Digital atau OTT lainnya menawarkan harga yang lebih murah. Pertandingan sepakbola semacam UEFA Champion Leagues? Layanan TV berbayar lebih profesional, layanan Over The Top-nya dengan nyaman kita nikmati dengan fitur chromecast.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Grand Wisata, Kota Mandiri dari Sinar Mas Land di Timur Jakarta

Savasa Deltamas, Hunian Kota Pintar Kolaborasi Sinar Mas Land dengan Panasonic di Kota Deltamas

Di Promo 12.12 Pertama Kali Menggunakan Aplikasi DANA