Diskusi Menuju Indonesia Merdeka Sinyal

Gambar
Hari Rabu, 10 April 2019 saya mengikuti salah satu kegiatan dari Forum Merdeka Barat 9 dengan mengangkat tema "Menuju Indonesia Bebas Sinyal".
Para pembicara di antaranya menghadirkan:
- Janu Suryanto - Direktur Industri Elektronika dan Telematika Kementrian Perindustrian,
- Meidiyanto Andwiputro - GM Marketing PT. Pasific Satelit Nusantara,
- Aba Maulaka - Kadis Kominfo Provinsi NTT,
- Anang Latif - Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (Bakti).
Indonesia negara dengan jumlah kepulauan terbesar yang membentang dari Sabang sampai Merauke. Dengan jumlah pulau sebanyak 17.504 dan luas wilayah mencapai 1.91 juta persegi, Indonesia membutuhkan teknologi yang dapat mengintegrasikan seluruh wilayah untuk mengatasi kesenjangan antar wilayah yang ada selama ini.

Para pembicara yang hadir satu persatu membagikan pemaparannya, paling menarik tentunya dari Bapak Aba Maulaka selaku Kepala Dinas Kominfo Provinsi NTT. Beliau mengatakan di Provinsi NTT sana bek…

Perpanjang SIM di Mobil Pelayanan SIM Keliling

Penjelasan sebelum proses penggantian SIM dimulai

Tahun 2018 ini kartu Surat Ijin Mengemudi (SIM) saya telah masuk masa kedaluwarsa. Tentunya saya harus  perpanjang SIM C yang saya miliki ini. Di perpanjangan sebelumnya, saya ingat 5 tahun yang lalu itu datang malam hari ke Botani Square, hanya cukup antri untuk langsung melakukan proses foto dengan mengkonfirmasi data ada yang berubah atau tidaknya. Dan....kartu SIM C saya pun langsung dicetak, tinggal membayar biayanya saja. Bagaimana setelah 5 tahun yang lalu, apakah ada yang berbeda?

Berikut ini hasil dari perburuan saya, untuk tahu lokasi kapan dan dimana mobil Pelayanan SIM Keliling beroperasi serta biasanya ada kendala offline kita pantau akun twitter dari Polresta Bogor Kota, seperti beberapa contoh di bawah ini:




Saya pertama datang ke Graha Pena Radar Bogor, dan mendapatkan nomor antrian 96. Polisi yang bertugas akan mengumumkan proses memperpanjang SIM di mobil Pelayanan SIM Keliling ini. Untuk jadwal kunjungan di Radar Bogor, gunakan trik ambil nomor antri di malam sebelumnya di pihak keamanan gedung agar terhindar mendapatkan nomor antrian yang besar. Di sini, nomor yang akan dilayani hingga makan siang maksimal di nomor 70-an. Polisi yang bertugas meminta waktu 1 jam untuk beristirahat. Kemudian dilanjutkan kembali hingga selesai.
 Beda lagi di Lippo Plaza Keboen Raya Bogor, teman-teman lain yag datang lebih awal mempersiapkan kertas untuk kita isi. Di sini saya mendapatkan nomor antrian 28. Dan untuk maksimal nomor yang akan dilayani menjelang istirahat siang adalah 60-an.

berkas yang akan kita isi dan tanda tangani

pemeriksaan kesehatan
Serahkan salinan kartu identitas yang berlaku (dimintanya si KTP elektronik) beserta kartu SIM lama, setelahnya berdasar nomor urut, kita akan dipanggil kembali untuk pemeriksaan kesehatan (periksa nadi serta menyebutkan berat badan). Ambil berkas yag akan kita isi dan tanda tangani sebanyak 3 kali. Jangan lupa sekalian bayar sebesar Rp. 30.000 (cek kesehatan tadi). Berkasnya lagsung serahkan ke Polisi yang bertugas di bagian pemotretan. Isi berkas setelah pemotretan dan tentunya bayar biaya perpanjangan sebesar Rp. 75.000. Jangan lupa bayar dengan uang pas!
SIM baru pun sudah di tangan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Grand Wisata, Kota Mandiri dari Sinar Mas Land di Timur Jakarta

Savasa Deltamas, Hunian Kota Pintar Kolaborasi Sinar Mas Land dengan Panasonic di Kota Deltamas

Di Promo 12.12 Pertama Kali Menggunakan Aplikasi DANA