Langsung ke konten utama

Kampung Inspirasi Indocement


Selasa, 16 April 2018 saya mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi Kampung Inspirasi RW 17. Di sini kami bertemu dengan 2 orang local hero Indocement. Indocement membentuk local hero sebagai strategi khusus dalam bermitra dengan masyarakat. Local hero merupakan masyarakat mitra Indocement yang telah berhasil mengembangkan usahanya menuju kemandirian, yang pada gilirannya mereka juga berperan dalam mengembangkan masyarakat lain di sekitarnya.

3 fase local hero dari Indocement
Hingga akhir tahun 2017 terdapat 149 local hero yang tersebar di berbagai wilayah, khususnya di sekitar lingkungan operasional perseroan (desa mitra sekitar pabrik, terminal semen).
Kampung Inspirasi RW 17 letaknya berjarak kurang lebih 30 KM dari operasional Indocement. Di Kabupaten Bandung sendiri, Indocement memiliki gudang semen. Terdapat 2 desa yang berbatasan langsung dengan gudang tersebut, yaitu Desa Cimerang dengan 271 KK dan Desa Cimareme dengan 321 KK. Kampung Inspirasi RW 17 memiliki program unggulan pengelolaan sampah mandiri, gerakan wanita tani, serta urban farming. Selain itu terdapat juga Sekolah Sampah, sebuah sekolah yang menginspirasi masyarakat umum dalam menangani sampah rumah tangga secara kreatif.


Swakelola sampah di Kampung Inspirasi RW 17 merupakan salah satu angkatan pertama Program Kampung Ramah Lingkungan Indocement. Pak Wawan Ganiawan sebagai penggeraknya sejak tahun 2010. Awalnya masyarakat membuang sampah sembarangan atau hanya diserahkan kepada petugas kebersihan setempat. Tindakan ini dapat menjadi salah satu penyebab banjir yang berulang di wilayah kampung. Salah satu strategi yang digunakan oleh Pak Wawan untuk mengajak warganya bergabung dalam program yang beliau jalankan adalah menolak warga yang ingin mengurus dokumen kependudukan, jika tidak ikut serta dalam program pelestarian lingkungan. Untuk saat ini Pak Wawan telah melepas masa tugasnya sebagai ketua RW. Dalam wawancara dengan saya, beliau menjabat sebagai ketua RW sejak tahun 2009-an. Pendekatan lainnya yang digunakan oleh Pak Wawan dalam mengajak warganya adalah melalui pendekatan keagamaan, mengajak masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan seperti apa yang diperintahkan dalam ajaran agama.


Ibu Nining Nurhayati, istri Pak Wawan turut menggerakan program urban farming. Program penanaman tanaman hias, sayur dan buah-buahan di pekarangan rumah, tepi jalan dan lahan tidak terpakai. Kegiatan ini dilakukan dari pembibitan, penanaman, perawatan, panen dan pengolahan hasil panen. Untuk pengelolaan panennya dikelola dalam program "Arisan Berhemat" yang dijalankan sejak tahun 2010.

Arisan Berhemat mengajak masyarakat untuk mengolah hasil pertanian menjadi beragam makanan camilan. Program lainnya, mengubah hasil ternak ayam dan lele menjadi abon, keripik, kerupuk dan kue serta program daur ulang sampah menjadi produk bernilai jual. Tahun 2011 bertransformasi menjadi KWT Jati 17  dan kemudian berubah menjadi Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) Sajati 17 dengan pembinaan di bawah Dinas Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Pendidikan Karakter Bangsa (UPTPPKB) Kecamatan Cilengkrang. Program dari UPPKS Sajati 17 diintegrasikan  dengan program  Keluarga Berencana dengan tujuan untuk meningkatkan kondisi ekonomi keluarga.
Melalui UPPKS Sajati 17 ini memudahkan masyarakat untuk bekerja sama dengan beragam dinas di tingkat lokal maupun provinsi dalam melaksanakan berbagai program.
Di Kampung Inspirasi RW 17 terdapat juga Sekolah Sampah, sekolah yang terbuka bagi siapa saja yang berminat untuk belajar mengelola sampah. Di sekolah ini, peserta mendapatkan informasi mengenai cara mengolah sampah organik dan non-organik, daur ulang, sistem kompos, pengolahan biogester , kerajinan dari limbah. Di sekolah ini, Indocement membantu perihal pendirian infrastruktur sekolah sampah. 
Karena di Kampug Inspirasi RW 17 ini memiliki paket wisata, bagi pengunjung yang ingin mempelajari pengolahan sampah. Kontribusi foto saya adalah berupa virtual tour.







Para pengunjung dari instansi di antaranya dari delegasi peserta "Training Course on Innovative Holticulture and Agro-business" - ASEAN yang diadakan oleh Kementrian Luar negeri bekerja sama dengan Kementrian Pertanian di tahun 2014.
Simak juga wawancara saya dengan Bapak Wawan Ganiawan berikut ini:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sinopsis Sang Kiai

Pendudukan oleh Jepang ternyata tidak lebih baik dari Belanda, Jepang mulai melarang pengibaran bendera merah putih, melarang lagu Indonesia Raya dan memaksa rakyat untuk melakukan Sekerei. K.H. Hasyim Asy'ari (Ikranegara) sebagai tokoh besar agamais saat itu menolak untuk melakukan Sekerei karena beranggapan bahwa tindakan itu menyimpang dari akidah agama Islam, karena sebagai umat Islam hanya menyembah kepada Allah SWT. Karena tindakannya yang berani itu, Jepang menangkap K.H. Hasyim Asy'ari. K.H. Wahid Hasyim (Agus Kuncoro Adi) salah satu putra beliau mencari jalan diplomasi untuk membebaskan K.H. Hasyim Asy'ari. Berbeda dengan Harun (Adipati), salah satu santri K.H. Hasyim Asy'ari yang percaya cara kekerasanlah yang dapat menyelesaikan masalah tersebut. Harun menghimpun kekuatan santri untuk melakukan demo menuntut kebebasan K.H. Hasyim Asy'ari. Tetapi Harun salah karena cara tersebut malah menambah korban jiwa. K.H. Wahid Hasyim dapat menenangkan diplmasi ter…

Tunjang Produktivitas dengan Modern PC

Zaman kita sekarang ini bekerja itu bisa dibilang dapat di mana aja, seperti saya yang saat ini mengerjakan tulisan ini, saya tulis di rumah (kontrakan) baru saya di daerah Cilandak. Era yang dapat disebut sebagai eranya achievement.
Definisi dari modern Life productivity menurut Hadi Gunawan Sugito, Consumer Master Trainer Microsoft Indonesia dalam presentasinya  Organize your life, kita akan lebih bisa mengoptimasi kehidupan kita. Secure, zaman sekarang keamanan itu sangat penting. Data, contohnya di dalam telepon selular kita pastinya ada banyak, akan lebih penting lagi data apa yang ada di dalamnya.Unlock your creativity, zaman sekarang untuk mengoptimasi sebuah kreativitas orang tidak terbatas pada tempat atau device, tapi orang mau bekerja dengan device apa aja dia masih bisa menunjang sebuah prduktivitas. Pursue your passion, bagi teman-teman yang menghadiri acara ini tentunya sebagai orang yang gemar menulis.
Dengan adanya modern life, kita semua tidak berpatokan pada tempat …

So Good Spicy Chicken Strip, Varian Terbaru dari So Good

Di postingan kali ini saya akan menulis sesuatu yang berbeda. Untuk kuliner biasanya membahas penganan oleh-oleh atau restoran yang ada di seputar Bogor, kali ini yang membuat sangat berbeda adalah saya mendapatkan kesempatan untuk mencicipi varian baru dari So Good dengan Spicy Chicken Strip-nya yang Spicy.  Terbuat dari daging ayam pilihan tanpa tulang (full meat), berkulit dan bumbu marinasi pedas special, dengan kandungan protein hewani kaya akan asam amino essential penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otot & otak anak, dibalut dengan Tepung Crispy Special Crispy tahan lama, praktis hanya digoreng terendam minyak (deepfrying) 4-5 menit dirumah, diproduksi oleh produsen ternama dengan teknologi produksi dan mesin modern, tentunya telah dilengkapi sertifikasi HALAL MUI.



Dengan kemasan berukuran 250 gram, dan isinya sebanyak 5 pcs, untuk harganya dimulai dari Rp37.000- Rp39.000 (tergantung harga jual toko), bisa disimpan selama 1 tahun (simpan beku ≤ - 18’C) Ada 2 cara penyaj…