Diskusi Menuju Indonesia Merdeka Sinyal

Gambar
Hari Rabu, 10 April 2019 saya mengikuti salah satu kegiatan dari Forum Merdeka Barat 9 dengan mengangkat tema "Menuju Indonesia Bebas Sinyal".
Para pembicara di antaranya menghadirkan:
- Janu Suryanto - Direktur Industri Elektronika dan Telematika Kementrian Perindustrian,
- Meidiyanto Andwiputro - GM Marketing PT. Pasific Satelit Nusantara,
- Aba Maulaka - Kadis Kominfo Provinsi NTT,
- Anang Latif - Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (Bakti).
Indonesia negara dengan jumlah kepulauan terbesar yang membentang dari Sabang sampai Merauke. Dengan jumlah pulau sebanyak 17.504 dan luas wilayah mencapai 1.91 juta persegi, Indonesia membutuhkan teknologi yang dapat mengintegrasikan seluruh wilayah untuk mengatasi kesenjangan antar wilayah yang ada selama ini.

Para pembicara yang hadir satu persatu membagikan pemaparannya, paling menarik tentunya dari Bapak Aba Maulaka selaku Kepala Dinas Kominfo Provinsi NTT. Beliau mengatakan di Provinsi NTT sana bek…

Saya Sudah Pasang Aplikasi Kumparan, Kalau Kalian?


Kumparan dalam KBBI V berarti hasil menggulung; hasil menggelendong; gelendong. Dalam hal sebuah platform media terbaru, saya kutip melalui laman wikipedia, https://kumparan.com adalah platform media kolaboratif Indonesia sebagai wadah membaca, membuat, dan berbagai beragam berita dan informasi. Lebih dari sekadar media digital, kumparan mengusung platform kolaboratif dan interaktif yang dibangun melalui inovasi dan teknologi terkini. 

Secara umum dapat kita lihat kumparan.com ini kombinasi situs berita dan media sosial yang dibangun oleh orang-orang yang sebagian besar pernah bekerja di media online detik. Kumparan.com hadir sejak pertengahan tahun 2016. Serta menghadirkan aplikasi untuk perangkat android dan iOS-nya di bulan Januari 2017. 
Dari rilis hasil survey yang dilakukan oleh APJII (Tempo.co, 19 Februari 2018), kecendrungan pengguna internet di Indonesia didominasi penggunaan aplikasi chatting dan disusul dengan penggunaan sosial media. Saya membaca hasil survey ini tentunya pengguna internet di Indonesia terbesar mengaksesnya via selular atau mobile.

Mari kita coba aplikasi dari kumparan, berikut ini cara mengakses aplikasinya versi android versi saya, paling awal tentunya unduh terlebih dahulu dari PlayStore di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.kumparan&hl=in bagi kalian yang menggunakan iOS silakan unduh di https://itunes.apple.com/id/app/kumparan/id1175997267?mt=8



Setelah aplikasi berhasil saya unduh, 3 slide sapaan akan menghampiri kita sebelum memulai.
  • Story baru setiap hari sesuai pilihanmu (berlangganan ke media dan pin topik favorit kita untuk menampilkan story pilihan)
  • Eksplor dan buat interaksi setiap waktu (Ikuti, komentari, dan sukai hal-hal seru dari teman-teman kita)
  • Bagikan ceritamu (bagikan ide dan kebahagiaan sesuka hati kita)






Beberapa pilihan media yang dapat kita ikuti beritanya dalam aplikasi kumparan, samakah pilihan kita?


Saya hitung, topik yang ada dan dipajang saat ini berjumlah 80-an. Tergantung dari berita apa yang sedang ramai saat ini. Tampak dalam screenshot ada nama personal yang hadir dalam topiknya tersendiri


Ada 2 pilihan yang disediakan untuk login ke aplikasi kumparan, saya lebih memilih login dengan akun google. Kalau kalian biasanya?


Dan.... inilah tampilan dari akun saya di aplikasi kumparan, saya telah mengikuti beberapa media dan topik pilihan yang ditampilkan di atas.



Halaman bagian kostumisasi media dan topik, ingin menambahkan atau mengurangi? Bisa banget tentunya!


Dalam my feed ini adalah akun dari orang lain yang ada di kumparan yang telah kita ikuti. Ada 2 orang teman yang sudah aktif menulis di kumparan.com. Yang satu lagi belum ada update dari tulisan terbarunya. saya segera menantikan update dari teman yang satu lagi ini. Teman kalian sudah ada yang aktif menulis di kumparan juga?


Rekomendasi berita yang hadir di aplikasi kumparan saya dari kumparanNEWS dengan headline berita hari ini (Kamis, 29 Maret 2018):
  • Jaksa: Setnov Minta bantuan Partai Demokrat Jika e-KTP Bermasalah
  • Ralat Berita: BPOM Rilis 27 Merek Makarel yang Mengandung Cacing
  • Longsor di Puncak Pass, Jalur ke Cianjur Ditutup Total
  • Sah! DPR Setujui Perry Warjiyo Jadi Gubernur BI
  • Kala Isu Telur Palsu Resahkan Masyarakat



Dan ini halaman profile saya di aplikasi kumparan, jangan lupa diikuti yaaaa teman-teman. Tolong dibantu...prok..prok...

Berita yang lain dapat kita temukan dengan klik story, topik atau bahkan mengikuti pengguna yang lain dengan klik saja profilnya yang tampil.
"Bersemangat kolaborasi, mengedepankan interaksi, berbasis teknologi terkini" begitu tagline yang dihadirkan oleh aplikasi kumparan. Hal yang terpenting dari sebuah aplikasi berita adalah "notifikasi"-nya jangan lupa untuk diaktifkan, konten berita terbaru akan menyapa kita terlebih dahulu, sebelum kita mencarinya. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Grand Wisata, Kota Mandiri dari Sinar Mas Land di Timur Jakarta

Savasa Deltamas, Hunian Kota Pintar Kolaborasi Sinar Mas Land dengan Panasonic di Kota Deltamas

Di Promo 12.12 Pertama Kali Menggunakan Aplikasi DANA