Langsung ke konten utama

Saya Sudah Pasang Aplikasi Kumparan, Kalau Kalian?


Kumparan dalam KBBI V berarti hasil menggulung; hasil menggelendong; gelendong. Dalam hal sebuah platform media terbaru, saya kutip melalui laman wikipedia, https://kumparan.com adalah platform media kolaboratif Indonesia sebagai wadah membaca, membuat, dan berbagai beragam berita dan informasi. Lebih dari sekadar media digital, kumparan mengusung platform kolaboratif dan interaktif yang dibangun melalui inovasi dan teknologi terkini. 

Secara umum dapat kita lihat kumparan.com ini kombinasi situs berita dan media sosial yang dibangun oleh orang-orang yang sebagian besar pernah bekerja di media online detik. Kumparan.com hadir sejak pertengahan tahun 2016. Serta menghadirkan aplikasi untuk perangkat android dan iOS-nya di bulan Januari 2017. 
Dari rilis hasil survey yang dilakukan oleh APJII (Tempo.co, 19 Februari 2018), kecendrungan pengguna internet di Indonesia didominasi penggunaan aplikasi chatting dan disusul dengan penggunaan sosial media. Saya membaca hasil survey ini tentunya pengguna internet di Indonesia terbesar mengaksesnya via selular atau mobile.

Mari kita coba aplikasi dari kumparan, berikut ini cara mengakses aplikasinya versi android versi saya, paling awal tentunya unduh terlebih dahulu dari PlayStore di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.kumparan&hl=in bagi kalian yang menggunakan iOS silakan unduh di https://itunes.apple.com/id/app/kumparan/id1175997267?mt=8



Setelah aplikasi berhasil saya unduh, 3 slide sapaan akan menghampiri kita sebelum memulai.
  • Story baru setiap hari sesuai pilihanmu (berlangganan ke media dan pin topik favorit kita untuk menampilkan story pilihan)
  • Eksplor dan buat interaksi setiap waktu (Ikuti, komentari, dan sukai hal-hal seru dari teman-teman kita)
  • Bagikan ceritamu (bagikan ide dan kebahagiaan sesuka hati kita)






Beberapa pilihan media yang dapat kita ikuti beritanya dalam aplikasi kumparan, samakah pilihan kita?


Saya hitung, topik yang ada dan dipajang saat ini berjumlah 80-an. Tergantung dari berita apa yang sedang ramai saat ini. Tampak dalam screenshot ada nama personal yang hadir dalam topiknya tersendiri


Ada 2 pilihan yang disediakan untuk login ke aplikasi kumparan, saya lebih memilih login dengan akun google. Kalau kalian biasanya?


Dan.... inilah tampilan dari akun saya di aplikasi kumparan, saya telah mengikuti beberapa media dan topik pilihan yang ditampilkan di atas.



Halaman bagian kostumisasi media dan topik, ingin menambahkan atau mengurangi? Bisa banget tentunya!


Dalam my feed ini adalah akun dari orang lain yang ada di kumparan yang telah kita ikuti. Ada 2 orang teman yang sudah aktif menulis di kumparan.com. Yang satu lagi belum ada update dari tulisan terbarunya. saya segera menantikan update dari teman yang satu lagi ini. Teman kalian sudah ada yang aktif menulis di kumparan juga?


Rekomendasi berita yang hadir di aplikasi kumparan saya dari kumparanNEWS dengan headline berita hari ini (Kamis, 29 Maret 2018):
  • Jaksa: Setnov Minta bantuan Partai Demokrat Jika e-KTP Bermasalah
  • Ralat Berita: BPOM Rilis 27 Merek Makarel yang Mengandung Cacing
  • Longsor di Puncak Pass, Jalur ke Cianjur Ditutup Total
  • Sah! DPR Setujui Perry Warjiyo Jadi Gubernur BI
  • Kala Isu Telur Palsu Resahkan Masyarakat



Dan ini halaman profile saya di aplikasi kumparan, jangan lupa diikuti yaaaa teman-teman. Tolong dibantu...prok..prok...

Berita yang lain dapat kita temukan dengan klik story, topik atau bahkan mengikuti pengguna yang lain dengan klik saja profilnya yang tampil.
"Bersemangat kolaborasi, mengedepankan interaksi, berbasis teknologi terkini" begitu tagline yang dihadirkan oleh aplikasi kumparan. Hal yang terpenting dari sebuah aplikasi berita adalah "notifikasi"-nya jangan lupa untuk diaktifkan, konten berita terbaru akan menyapa kita terlebih dahulu, sebelum kita mencarinya. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sinopsis Sang Kiai

Pendudukan oleh Jepang ternyata tidak lebih baik dari Belanda, Jepang mulai melarang pengibaran bendera merah putih, melarang lagu Indonesia Raya dan memaksa rakyat untuk melakukan Sekerei. K.H. Hasyim Asy'ari (Ikranegara) sebagai tokoh besar agamais saat itu menolak untuk melakukan Sekerei karena beranggapan bahwa tindakan itu menyimpang dari akidah agama Islam, karena sebagai umat Islam hanya menyembah kepada Allah SWT. Karena tindakannya yang berani itu, Jepang menangkap K.H. Hasyim Asy'ari. K.H. Wahid Hasyim (Agus Kuncoro Adi) salah satu putra beliau mencari jalan diplomasi untuk membebaskan K.H. Hasyim Asy'ari. Berbeda dengan Harun (Adipati), salah satu santri K.H. Hasyim Asy'ari yang percaya cara kekerasanlah yang dapat menyelesaikan masalah tersebut. Harun menghimpun kekuatan santri untuk melakukan demo menuntut kebebasan K.H. Hasyim Asy'ari. Tetapi Harun salah karena cara tersebut malah menambah korban jiwa. K.H. Wahid Hasyim dapat menenangkan diplmasi ter…

Tunjang Produktivitas dengan Modern PC

Zaman kita sekarang ini bekerja itu bisa dibilang dapat di mana aja, seperti saya yang saat ini mengerjakan tulisan ini, saya tulis di rumah (kontrakan) baru saya di daerah Cilandak. Era yang dapat disebut sebagai eranya achievement.
Definisi dari modern Life productivity menurut Hadi Gunawan Sugito, Consumer Master Trainer Microsoft Indonesia dalam presentasinya  Organize your life, kita akan lebih bisa mengoptimasi kehidupan kita. Secure, zaman sekarang keamanan itu sangat penting. Data, contohnya di dalam telepon selular kita pastinya ada banyak, akan lebih penting lagi data apa yang ada di dalamnya.Unlock your creativity, zaman sekarang untuk mengoptimasi sebuah kreativitas orang tidak terbatas pada tempat atau device, tapi orang mau bekerja dengan device apa aja dia masih bisa menunjang sebuah prduktivitas. Pursue your passion, bagi teman-teman yang menghadiri acara ini tentunya sebagai orang yang gemar menulis.
Dengan adanya modern life, kita semua tidak berpatokan pada tempat …

So Good Spicy Chicken Strip, Varian Terbaru dari So Good

Di postingan kali ini saya akan menulis sesuatu yang berbeda. Untuk kuliner biasanya membahas penganan oleh-oleh atau restoran yang ada di seputar Bogor, kali ini yang membuat sangat berbeda adalah saya mendapatkan kesempatan untuk mencicipi varian baru dari So Good dengan Spicy Chicken Strip-nya yang Spicy.  Terbuat dari daging ayam pilihan tanpa tulang (full meat), berkulit dan bumbu marinasi pedas special, dengan kandungan protein hewani kaya akan asam amino essential penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otot & otak anak, dibalut dengan Tepung Crispy Special Crispy tahan lama, praktis hanya digoreng terendam minyak (deepfrying) 4-5 menit dirumah, diproduksi oleh produsen ternama dengan teknologi produksi dan mesin modern, tentunya telah dilengkapi sertifikasi HALAL MUI.



Dengan kemasan berukuran 250 gram, dan isinya sebanyak 5 pcs, untuk harganya dimulai dari Rp37.000- Rp39.000 (tergantung harga jual toko), bisa disimpan selama 1 tahun (simpan beku ≤ - 18’C) Ada 2 cara penyaj…