Savasa Deltamas, Hunian Kota Pintar Kolaborasi Sinar Mas Land dengan Panasonic di Kota Deltamas

Gambar
Kawasan Bekasi, Cikarang, Karawang hingga Purwakarta banyak ditempati oleh kawasan industri. Salah satu kawasan industri yang saya beserta teman-teman blogger lainnya kunjungi pada Sabtu, 15 September 2018 adalah Kota Deltamas. Yang telah dikembangkan sejak 20 tahun yang lalu oleh PT Puradelta Lestari, kota modern mandiri yang dibangun di atas lahan seluas 3177 hektar, yang di dalamnya ada kawasan pemukiman, kawasan komersial dan industri dengan standar internasional dengan berbagai fasilitas dan infrastruktur kelas dunia. Kota Deltamas sangat mudah diakses dari jalan tol Jakarta-Cikampek dengan akses utama di pintu KM 37 Cikarang Pusat.

Lihat postingan ini di Instagram

Padahal udah banyak mencoba merekam...cuma segini jadinya 😂 @savasa.deltamas @sinarmas_land #SavasaDeltamas #Sinarmasland Sebuah kiriman dibagikan oleh Hendra Gunawan (@ndraverne) pada 15 Sep 2018 jam 12:31 PDT
Dikembangkan oleh Sinar Mas La

Satu Hari Bersama PionirBeton Indocement


Setelah sebelumnya kami diajak ke kompleks pabrik di Citeureup dan Cirebon, tujuan kami yang terakhir dikunjungi adalah batching plant yang dikelola oleh Pionirbeton Indonesia. Pionirbeton Indonesia merupakan anak perusahaan dari Indocement, yang didirikan pada tahun 1996. Total 100% saham dimiliki oleh Indocement. Produk akhir semen adalah beton siap-pakai. Batching plant yang ada saat ini di Jabotabek, Jabar, Jateng, Jatim dan Bali. Di Jabotabek ada 18 Batching Plant. Batching Plant yang kami kunjungi berada di daerah Kasablanka. Di sini kami diajak untuk melihat langsung proses produksi beton siap-pakai. Lokasi lainnya Batching Plant ada di daerah Sudirman, Pulogadung, Jati Asih, Cikarang, Karawang, dan Cikampek. Batching Plant ini untuk menunjang proyek-proyek pemerintah. Proyek terbesar yang merupakan megaproyek Pionirbeton adalah  Krakatau Posko yang pengerjaannya lebih kurang 3 tahun. Pionirbeton Indonesia juga mempunyai produk fastcreate, yang memiliki keunggulan pembuatan beton (jalan) yang bisa cepat kering, yang bisa diinjak dalam waktu 8 jam saja. Ingin beli personal buat rumah pribadi boleh juga lho. Beli aja di , harga perkubiknya dimulai Rp 740.000.

Proses Produksi RMC (Ready-Mix Concrete) di Batching Plant

Dalam rangka ekspansi bisnis beton siap pakai, berikut ini langkah-langkah yang dilakukan oleh Pionir Beton Indonesia:
- Memperkuat bisnis Beton Siap-Pakai khususnya untuk kualitas beton high grade di dalam menunjang pembangunan infrastruktur di Indonesia.
- Fokus saat ini adalah proyek infrastruktur dan efek berantai nya pada pembangunan perumahan, kawasan Industri dan gedung bertingkat.
- Pada Hq 2017, volume penjualan turun 27,1% karena melambatnya aktivitas konstruksi infrastruktur di Indonesia dan melemahnya pertumbuhan ekonomi secara umum.
- Pionirbeton, anak perusahaan yang menjadi salah satu pemimpin pasar dalam bisnis beton siap pakai.
- Mengamankan pangsa pasar beton dengan menandatangani kontrak eksklusif dan jangka panjang untuk pasokan batu dan pasir dari Ketapang dan Belitung.

Volume penjualan beton siap pakai
Inisiatif Pionir Beton Indonesia untuk lingkungan

- Setiap truk mixer yang keluar batching plant dicuci untuk menghilangkan sisa material produksi beton siap-pakai agar tidak tercecer di jalan atau tempat lain;
 - Corong truk mixer (tempat keluarnya produk beton siap-pakai) dilengkapi dengan penutup untuk menghindari tercecer sisa produk dijalan atau yang lain;
- Storage bahan baku beton siap-pakai di batching plant dilengkapi dengan atap untuk menurunkan tingkat penyebaran debu dan melindungi bahan baku dari air hujan.
- Belt conveyor di batching plant ditutupi dengan penutup untuk mengurangi polusi debu dalam transportasi bahan baku ke batching plant
- Sisa beton siap-pakai dikumpulkan di batching plant yang kemudian diambil oleh pihak ketiga (tidak dibuang sembarangan).
- Dilakukan aktivitas penghijauan di kawasan batching plant sebagai sekat alamiah untuk polusi debu dari aktivitas operasional
 - PBI melakukan treatment khusus untuk air limbah yang dipakai dalam proses produksi sebelum dibuang.
 - Setiap karyawan maupun kontraktor wajib untuk mengenakan alat pengaman diri (APD) dalam aktivitas sehari-hari di batching plant.

Foto bersama di batching plant

Tempat selanjutnya yang kami kunjungi adalah proyek-proyek yang sedang berjalan yang didukung oleh Pionir Beton indonesia.

Menara Jakarta
- Menara Jakarta terletak di Kemayoran, dekat dengan PRJ Kemayoran, tepatnya di Jln. H. Benyamin Sueb
- Developer proyek ini adalah Agung Sedayu Grup
- Proyek yang dibangun adalah gedung Superblock dengan enam tower
- Proyek ini dibangun di area seluas 4 hektar
- Mulai dibangun pada Agustus 2017 rencana selesai pada tahun 2020
- Kebutuhan Beton 240.000 m3
- Sampai dengan bulan November 2017, Pionirbeton sudah memasok 25.000m3 beton siap-pakai.

proyek Menara Jakarta



Automated People Mover System at Bandara Soekarno-Hatta - Skytrain
Kerjasama Operasi (KSO) Wijaya Karya – Indulexco
Proyek dimulai pada 2016 dan berakhir pada Q1 2018
Volume yang dipasok mencapai 43,000 m3.
Selagi menunggu jadwal kedatangan truk pengangkut beton siap-pakai, kami diajak untuk menaiki Skytrain menuju terminal 2 dan sebaliknya. Di proyek ini kami dapat melihat secara langsung proses beton siap-pakai yang digunakan untuk tiang pancang penyangga jalur Skytrain menuju depo.


Selain proyek yang kami kunjungi, ada beberapa proyek lainnya yang didukung oleh Pionirbeton Indonesia, di antaranya:

Distric 8 - Senopati
Pengembang Agung Sedayu Group
Lokasi di Sudirman Central Business District (SCBD) Lot 28, Jalan Senopati Raya, Jakarta Selatan
Luas area dari proyek tersebut sebesar 4.8 hektar yang terdiri dari 10 premium tower untuk perkantoran, apartemen, dan hotel
Pionirbeton merupakan pemasok beton tunggal (single concrete supplier) dengan total volume beton kurang lebih 275k m3 
Pengirimannya dimulai pada kuarter ketiga tahun 2014 sampai pertengahan tahun 2017
Pengiriman beton dilakukan dari beberapa lokasi batching plant di Jakarta terutama dari lokasi Sudirman dan Kasablanka
Beberapa proyek lain dari Agung Sedayu Group yang sedang digarap Pionirbeton adalah Menteng Park Apartment, Sedayu City Apartment, Gold Coast PIK apartment, dan PIK Office Tower. 


Jalan Tol Lido - Bocimi
Pionirbeton Indonesia memasok kebutuhan beton untuk seksi 1 Tol Lido Bocimi yaitu ruas Ciawi - Cigombong sepanjang 15,35km
Kontraktor pengerjaan proyek ini adalah Waskita – Wika KSO, PT. Waskita Karya, dan PT. Posco E&C Indonesia yang dimulai pada akhir 2015
Volume pasokan beton PBI mencapai 150.000 m3 dari kebutuhan yang mencapai 350.000 m3
Pionirbeton telah membangun 2 batching plant di lokasi Ciawi dan Lido yang merupakan lokasi sangat strategis karena berada di 2 titik penghujung proyek seksi 1 tersebut
Pengiriman beton dilakukan menggunakan mixertruck untuk konstruksi struktur jalan & jembatan seperti borepile, pilecap, pier (pilar), boxtunnel (terowongan) serta konstruksi perkerasan beton (rigid concrete pavement).

Rasa penasaran saya atas asal-muasal bahan yang diangkut oleh truk mixer terjawab sudah, setelah mengunjungi secara langsung Batching Plant. Awalnya saya kira, muatannya dibawa dari kompleks pabriknya yang di Citeureup atau Cirebon. Baca juga pengalaman teman-teman yang lainnya saat acara ini:





Postingan populer dari blog ini

Menikmati Layanan Konten Premium KLIX TV yang Mengecewakan

XL Home Pow! Layanan Internet Fiber dari XL Axiata

Meriahnya Grand Launching Kopi Susu, Varian Terbarunya lapis Bogor Sangkuriang