Suzuki All New Ertiga, MPV Pilihan Keluarga Indonesia

Gambar
Asyiknya...Saya dan teman-teman blogger mendapatkan undangan dari KOMPAS.com dan PT Suzuki Indomobil Sales untuk mengikuti test drive Suzuki All New Ertiga. Bertempat di Summarecon Mal Serpong, yang juga menjadi lokasi pameran mereka, area test drive, cukup dengan mengelilingi seputar mall. Dari laman resmi Suzuki Indomobil Motor, Suzuki All New Ertiga ini memiliki panjang keseluruhan mencapai 4.395 mm, lebar 1.735 mm dan tinggi 1.690 mm. Perbandingan dengan versi sebelumnya dengan panjang keseluruhan mencapai 4.265 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi1.685 mm. Dengan ground clearance yang justru lebih rendah dari versi sebelumnya 185 mm, untuk versi terbaru 180 mm. Suzuki All New Ertiga tampil dengan penyegaran pada sisi eksteriornya . Pada tampilan depan terdapat beberapa penyegaran, meliputi New Front Bumper pada bagian bodi, , New Chrome Front Grill (tipe GL & GX), New Front Fog Lamp Bezel (tipe GX), dan New Black BezelFog Lamp yang telah dirancang khusus untuk penampilanSuzuki All…

Melihat Langsung Proses Produksi Mitsubishi Xpander di Deltamas Bekasi


Hi, saya mendapatkan kesempatan kembali untuk mengikuti acara plant tour, kali ini yang dikunjungi adalah PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) dan PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). Selain bersama teman-teman blogger yang lain, tidak lupa juga dalam acara ini hadir dari teman-teman komunitas pengguna mobil Mitsubishi dan wartawan otomotif. Kami semua diajak langsung untuk melihat proses produksi Xpander dengan standar kualitas global yang diaplikasikan di setiap prosesnya. Seperti plant lainnya, dalam kunjungan ini kami juga diberikan pengarahan safety induction sebelum mulai melihat secara langsung proses produksi. Kami disambut langsung oleh seluruh dewan direksi dari pihak MMKI dan Rifat Sungkar selaku brand ambassador yang secara detail menjelaskan fitur serta keunggulan dari Xpander.





Dari foto-foto di atas, kami semua diajak berkeliling plant dimulai dari stamping plant, welding plant, assy plant hingga tahap mobil telah sepenuhnya lengkap dan siap dikendarai oleh operator bagian Quality Control. Hanya area painting plant aja yang tidak kami kunjungi.

Langkah-langkah sebuah produksi dari perakitan mobil:

STAMPING
Dalam tahap pertama ini sebuah lempengan plat baja akan dicetak untuk menjadi struktur badan utama dari kendaraan.




WELDING
Di tahap ini beberapa struktur utama dari kendaraan akan disatukan atau dilas



Painting
Di tahap ini struktur utama dari kendaraan yang telah melalui tahap welding akan dicat, prosesnya dilakukan semua oleh robot

foto dari screenshot video


Assy
Proses perakitan semua elemen yang ada dari sebuah kendaraan




Quality Control
Tahap paling terakhir dari perakitan kendaraan sebelum menuju ke dealer dan akan diantarkan ke konsumen



Dari beberapa tahap perakitan kendaraan ini yang tidak ada adalah tahap dari perakitan sebuah mesin. PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) masih mengandalkan mesin dari pabrikan utamanya di Jepang. Plant yang berlokasi di kawasan industri GIIC Deltamas, Bekasi ini beroperasi sejak diresmikan pada bulan April 2017 oleh Presiden Joko Widodo. Memperkejakan sebanyak 3000 karyawan, dengan nilai investasi sebesar 7,5 Triliun, dengan luas area 510.0000 meter persegi dan luas bangunan yang ada 140.000 meter persegi. Kapasitas produksi sebanyak 160.000 unit per tahun yang dapat ditingkatkan hingga 240.000 unit per tahun. Saat ini dua model kendaraan yang diproduksi pada plant Mitsubishi di Deltamas ini, Xpander dan Pajero Sport. Jenis COLT L-300 akan menyusul di bulan Maret 2018 untuk diproduksi juga di sini.
Dari 80.000 unit yang diproduksi, sebanyak 50.000 unit Xpander akan diekspor ke negara-negara tetangga seperti Filipina. Mitsubishi Xpander saat ini sudah dipesan sebanyak 50.000 unit kendaraan. Meski permintaan tinggi, pihak MMKI berkomitmen untuk memberikan produk yang berkualitas, mereka berkeinginan memasarkan Xpander dalam jangka waktu yang lama.

Rifat Sungkar sebagai Brand Ambassador dari Mitsubishi
Dari penjelasan Rifat Sungkar saat acara sambutan sebelum berkeliling melihat langsung proses produksi dari Mitsubishi Xpander,berikut ini yang saya kumpulkan:
  • Xpander didesain untuk efisiensi bahan bakar dengan stop & go di throttle rendah
  • Xpander sesuai dengan kebutuhan keluarga, walaupun  titik charger banyak di tiap sudutnya, keamanan menjadi keutamaan dalam kontruksi desain Xpander
  • Dengan fitur pengereman ABS, yang cocok dengan tempat yang licin dan cuaca hujan
  • Xpander didesain dengan dynamic shield khas Mitsubishi
  • Konsep Xpander untuk interior mengedepankan omotenashi/hospitality. Setidaknya ada19 titik penyimpanan
  • Sistem suspensinya mengadopsi teknologi dari Lancer Evo X yang membuat mobil saat handling lebih nyaman dan stabil.
Demikian, sayangnya saya tidak ikut merasakan sensasi langsung berkendara saat sesi test drive. Di lain kesempatan aja (semoga). Ada AMIEN......
Teman-teman Blogger yang berkesempatan menguji coba Xpander

Foto bersama setelah selesai test drive Xpander, eh Rifat Sungkarnya mana?



Laporan teman-teman yang lainnya:




















Postingan populer dari blog ini

Menjadi Saksi Lahirnya Jutawan Dari SOBATKU

Kampung Inspirasi Indocement

Bayar Sewa Film Metode Kartu Kredit dengan Jenius!