Grand Wisata, Kota Mandiri dari Sinar Mas Land di Timur Jakarta

Gambar
Mari kita melihat ke belakang dari sejarah Group Sinar Mas, pada tahun 1962 Eka Tjipta Widjaja mendirikan pertama kali dengan bisnis kelapa sawit, yang kini meluas dan berkembang menjadi bisnis properti, kertas, infrastruktur, energi, pangan dan lain sebagainya.

1972 berdiri Duta Pertiwi (DUTI), 1984-1989 berdiri Bumi Serpong Damai; yang beroperasi mulai di tahun 19891990-1994 merek ITC berdiri, diikuti penjualan pertama saham umumnya DUTI di pasar bursa1997 AFP masuk bursa di Singapura2002 Sinar Mas Land mengontrol BSD City2008 BSD menjual saham umum perdananya2010 BSD mengakuisisi DUTI (85,31%); Sinar Teladan (60%); Sinar Mas Wisesa (55%)2011 Merek Sinar mas Land diperkenalkan.  Beberapa kawasan kota mandiri atau perumahan di bawah  Sinar Mas Land di antaranya:

BSD CityGrand Wisata - BekasiKota Deltamas - CikarangKota Wisata - Cibubur Go!Wet terletak di Grand Wisata Bekasi yang memiliki akses langsung via tol KM 21 Jakarta-Cikampek, memiliki luas 7.5 hektar. Video dari pasangan saya …

Peresmian Citra Maja Raya, Kota Baru Terpadu dari Ciputra Group

Press conference peresmian Citra Maja Raya
Sabtu, 18 Nopember 2017 yang lalu, saya dan beberapa teman blogger yang lain berkesempatan untuk meghadiri acara peresmian Citra Maja Raya, proyek kota terpadu dari Ciputra Group. Di acara ini hadir juga Bapak Ciputra (akhirnya berkesempatan untuk melihat langsung sosok inspiratif ini). Selain Pak Cip, turut juga hadir Bapak Basuki Hadimuljono, selaku Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat juga Bapak Budi Karya Sumadi selaku Menteri Perhubungan.

Citra Maja Raya termasuk ke dalam 10 kota baru publik yang dicanangkan oleh pemerintah dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019. Proyek ini merupakan proyek joint operation antara PT. Ciputra Residence, PT. Hanson International Tbk, dan PT. Putra Asih Laksana, pembangunannya dimulai sejak tahun 2015 dan telah menunjukkan perkembangan yang signifikan hingga saat ini. Kota Baru Maja selaras dengan RPJMN 2015-2019 untuk memenuhi kebutuhan perumahan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dan program pembangunan sejuta rumah berupa dibangunnya kota-kota baru di Indonesia, Kota Baru Maja didesain dengan konsep TOD (Transit Oriented Development), yaitu pengembangan kawasan berbasis kepada sistem transportasi massal, didukung dan sudah dilengkapi dengan KA Commuter Line.
Bapak Ciputra bersama Menteri Perhubungan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta didampingi oleh Gubernur Banten dan Budiarsa Sastrawinata selaku Direktur Utama Ciputra Residence. (Foto atas perkenan Dede Ariyanto)
Hingga saat ini Citra Maja Raya sedang membangun 10.000 unit rumah, termasuk di dalamnya sekitar 8.000 unit rumah yang dikhususkan untuk MBR. Selain itu Citra Maja Raya akan segera membangun 1.000 unit rumah MBR subsidi dengan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) yang disediakan oleh pemerintah.
Dengan luas pengembangan area hingga 2.000 Ha,Citra Maja Raya membangun perumahan untuk kalangan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Hal ini sebagai upaya perusahaan mendukung pemerintah dalam mewujudkan program sejuta rumah yang telah dicanangkan pemerintah sebagai program nasional.
Rumah contoh untuk kalangan MBR. (foto atas perkenan Lidya Fitrian)
By the way... Sebagian besar pembangunan rumah di pengembangan tahap pertama sudah rampung loh.... Bahkan sudah mulai diserahterimakan ke para pembelinya. Perkembangan lainnya, pembangunan boulevard jalan utama ROW 40 dari pintu gerbang utama menuju ke cluster-cluster juga sudah rampung disusul denga penghijauan kota dan cluster, dan selanjutnya disusul pembangunan fasilitas belanja ECOPlaza, Eco club house, dan Eco Park dalam waktu dekat ini dan direncanakan akan selesai tahun 2018. Doakan saya untuk dapat membeli salah satu rumah yang ada di Citra Maja Raya yaaa man-teman :)

Postingan populer dari blog ini

Savasa Deltamas, Hunian Kota Pintar Kolaborasi Sinar Mas Land dengan Panasonic di Kota Deltamas

Dialog Nasional Indonesia Maju Hadir di Kota Bogor

Meriahnya Grand Launching Kopi Susu, Varian Terbarunya lapis Bogor Sangkuriang