Diskusi Menuju Indonesia Merdeka Sinyal

Gambar
Hari Rabu, 10 April 2019 saya mengikuti salah satu kegiatan dari Forum Merdeka Barat 9 dengan mengangkat tema "Menuju Indonesia Bebas Sinyal".
Para pembicara di antaranya menghadirkan:
- Janu Suryanto - Direktur Industri Elektronika dan Telematika Kementrian Perindustrian,
- Meidiyanto Andwiputro - GM Marketing PT. Pasific Satelit Nusantara,
- Aba Maulaka - Kadis Kominfo Provinsi NTT,
- Anang Latif - Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (Bakti).
Indonesia negara dengan jumlah kepulauan terbesar yang membentang dari Sabang sampai Merauke. Dengan jumlah pulau sebanyak 17.504 dan luas wilayah mencapai 1.91 juta persegi, Indonesia membutuhkan teknologi yang dapat mengintegrasikan seluruh wilayah untuk mengatasi kesenjangan antar wilayah yang ada selama ini.

Para pembicara yang hadir satu persatu membagikan pemaparannya, paling menarik tentunya dari Bapak Aba Maulaka selaku Kepala Dinas Kominfo Provinsi NTT. Beliau mengatakan di Provinsi NTT sana bek…

Joox, Musik Online Untuk Pecinta Musik


Berharap banyak kepada salah satu layanan musik streaming yang belum hadir secara resmi di Indonesia. dini hari sebelum memasuki Back To The Future Day, dimana tanggal 21 Oktober 2015 tercatat di dalam film dengan mobil terbang dan hoverboard dan yang serba futuristik lainnya telah hadir. Namun yang baru terealisasi apa yang ada di dalam film Back To The Future baru hoverboard (itu pun hanya purwarupa).
Berawal dari pertanyaan seorang teman kepada teman lain yang bekerja di bagian marketing salah satu jaringan bioskop "Apakah akan menayangkan film konser Ed Sheeran?". Pertanyaan ini membuat saya menjadi penasaran, "Ed Sheeran bikin film?". Bukan...bukan google.co.id yang saya tuju, tapi akun Twitter Ed Sheeran dan cukup melihat linimasanya aja. Setelah tahu situs resmi dari filmnya, dimana Indonesia sudah masuk dalam daftar negara yang siap untuk menayangkan, selanjutnya baru deh pengecekan ulang di situs lsf untuk mengetahui nama importir (dengan tahu pengimpornya, maka otomatis akan tahu tayang di bioskop jaringan yang mana).
Bukan cuma mengenai film tentang Ed Sheeran aja yang beberapa hari terakhir selalu di benak saya, tetapi ada salah satu pertanyaan dari seorang teman (yang belum pernah ketemu) menanyakan perihal single dari Ed Sheeran yang berjudul photograph. Salah satu jawaban saya "Saya pake layanan streaming".

Iya, memang saya sudah jarang mengkonsumsi lagu secara mengunduh berupa file .mp3. Beberapa tahun terakhir saya lebih menikmati dari beberapa layanan streaming, dari yang busuk sampai yang belum hadir secara resmi (utak-atik sedikit) di Indonesia. Dari semua layanan streaming ini kebanyakan saya hanya bertahan di satu bulan pertama (ujicoba versi penuh) setelahnya saya nikmati dengan versi yang gratis (dengan diselipi iklan dan dibatasi untuk skip lagu-lagunya). Lebih seringnya hanya menikmati sebuah mix atau playlist.

Kini saya menemukan Joox Music, layanan streaming yang juga masih "bersaudara" dengan WeChat. Apa saja kelebihan dari layanan yang sudah ada (dan pernah saya pakai)? Mari kita bedah dengan screenshot yang telah saya kumpulkan.


Setelah melewati tampilan awal (gambar paling awal postingan ini) kita akan langsung diberi pilihan untuk bikin akun, ada 2 pilihan utama yang ditawarkan:
  • Login melalui WeChat (saudaranya)
  • Login melalui Facebook (seperti kebanyakan layanan streaming lain) atau
  • Login melalui email (daftar dan konfirmasi terlebih dahulu)
Akun WeChat, Facebook dan Email saya telah terkoneksi semua




Salah satu keuntungan menghubungkan akun WeChat dengan Joox Music, kita mendapat 15 hari VIP. VIP adalah versi penuh dari layanan Joox Music yang kita nikmati, apa aja yang bisa kita dapat dengan layanan VIP. berikut screencapture (lagi)



Layanan VIP telah berakhir? Berikut penawaran harganya (pilihan yang tersedia: seminggu, sebulan, 3 bulan, 6 bulan, dan setahun), yang menarik dari Joox Music ini untuk pembayarannya telah terkoneksi dengan google wallet (pemotongan pulsa). Semakin memudahkan menikmati musik secara legal. Berikut screencapture (lagi dan lagi)



Untuk berbagi lagu yang sedang kita nikmati, hanya menyediakan berbagi via WeChat dan Facebook (padahal saya lebih banyak menggunakan Twitter). Semoga ada penambahan kelak.


Satu fitur yang dapat kita manfaatkan dengan hanya memilih dari genre, suasana hati atau aktivitas ada namanya Radio yang menyediakan playlist dari lagu-lagu yang telah dikurasi oleh pihak Joox Music. 


Untuk saat ini saya masih suka dengan layanan musik streaming yang terbaru (bagi saya) ini. Walau ada beberapa musisi favorit dalam negeri yang tidak ada di katalognya. Dan kembali saya berharap semoga ada penambahan kelak. :)

Joox Music dapat dinikmati oleh pengguna Android dan iOS.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Di Promo 12.12 Pertama Kali Menggunakan Aplikasi DANA

Savasa Deltamas, Hunian Kota Pintar Kolaborasi Sinar Mas Land dengan Panasonic di Kota Deltamas

Grand Wisata, Kota Mandiri dari Sinar Mas Land di Timur Jakarta