Diskusi Menuju Indonesia Merdeka Sinyal

Gambar
Hari Rabu, 10 April 2019 saya mengikuti salah satu kegiatan dari Forum Merdeka Barat 9 dengan mengangkat tema "Menuju Indonesia Bebas Sinyal".
Para pembicara di antaranya menghadirkan:
- Janu Suryanto - Direktur Industri Elektronika dan Telematika Kementrian Perindustrian,
- Meidiyanto Andwiputro - GM Marketing PT. Pasific Satelit Nusantara,
- Aba Maulaka - Kadis Kominfo Provinsi NTT,
- Anang Latif - Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (Bakti).
Indonesia negara dengan jumlah kepulauan terbesar yang membentang dari Sabang sampai Merauke. Dengan jumlah pulau sebanyak 17.504 dan luas wilayah mencapai 1.91 juta persegi, Indonesia membutuhkan teknologi yang dapat mengintegrasikan seluruh wilayah untuk mengatasi kesenjangan antar wilayah yang ada selama ini.

Para pembicara yang hadir satu persatu membagikan pemaparannya, paling menarik tentunya dari Bapak Aba Maulaka selaku Kepala Dinas Kominfo Provinsi NTT. Beliau mengatakan di Provinsi NTT sana bek…

Indonesia WiFi vs Indosat Super Wi-Fi

Di setiap Stasiun Kereta sudah tersedia tempat untuk mengisi ulang ponsel saja saya sudah bersyukur. Tapi sejak pertengahan tahun 2012 di Stasiun Kota saya dapat menikmati fasilitas Internet dari dua layanan yang berbeda. Awalnya saya lebih menggunakan Indonesia WiFi (@wifi.id) karena ada tawaran gratis dari mereka yang saya ketahui sejak awal peluncurannya. Untuk menggunakan fasilitas mereka secara gratis, saya dapat menikmati selama 15-20 menit. Kemudian diharuskan untuk log-in kembali.

Tampilan pertama ketika belum mendaftarkan Email
Tampilan  welcome page setelah terkoneksi dengan free@wifi.id

Tampilan welcome page setelah terkoneksi dengan @wifi.id


landing page setelah berhasil terkoneksi
Untuk dapat mengakses Indonesia WiFi (@wifi.id) via nomor Telkomsel, saya dapat menggunakan fasilitas internet yang ditawarkan selama satu jam. Saya baru menyadarinya saat di Stasiun Bogor telah terpasang layanan ini. 


registration page @wifi.id via nomor Telkomsel 
Satu lagi layanan Internet yang "terdeteksi" di ponsel saya saat berada di Stasiun Kota adalah Indosat Super Wi-Fi. Yang saya ketahui sejak pertama kali ikut uji coba layanan ini tidak ada penawaran gratisnya. Saya mengetahui layanan gratis yang mereka tawarkan justru saat saya berada di Halte TransJakarta Dukuh Atas, berikut kicauan saya:




 Untuk bisa menikmati layanan Internet yang disediakan oleh Indosat ini tidak perlu menggunakan nomor dari mereka. Saya menggunakan Smartfren dan dapat mengaksesnya hanya dengan mendaftarkan nomor Smarfren saya yang berfungsi sebagai username kemudian akan mendapatkan password yang mereka kirim. Untuk dapat menggunakan fasilitas internet yang mereka tawarkan secara gratis ini mereka memberikan waktu selama 15-20 menit.

Registration page Indosat Super Wi-fi (free)
Ada persamaan antara Indonesia WiFi (@wifi.id) dan Indosat Super Wi-Fi yaitu fasilitas yang menggunakan username & password untuk mengaksesnya. Namun ada perbedaan dalam waktu yang mereka berikan untuk mengaksesnya. Mau pilih yang 15-20 menit atau 1 jam? Apa layanan Internet yang Anda pilih?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Grand Wisata, Kota Mandiri dari Sinar Mas Land di Timur Jakarta

Savasa Deltamas, Hunian Kota Pintar Kolaborasi Sinar Mas Land dengan Panasonic di Kota Deltamas

Di Promo 12.12 Pertama Kali Menggunakan Aplikasi DANA