Savasa Deltamas, Hunian Kota Pintar Kolaborasi Sinar Mas Land dengan Panasonic di Kota Deltamas

Gambar
Kawasan Bekasi, Cikarang, Karawang hingga Purwakarta banyak ditempati oleh kawasan industri. Salah satu kawasan industri yang saya beserta teman-teman blogger lainnya kunjungi pada Sabtu, 15 September 2018 adalah Kota Deltamas. Yang telah dikembangkan sejak 20 tahun yang lalu oleh PT Puradelta Lestari, kota modern mandiri yang dibangun di atas lahan seluas 3177 hektar, yang di dalamnya ada kawasan pemukiman, kawasan komersial dan industri dengan standar internasional dengan berbagai fasilitas dan infrastruktur kelas dunia. Kota Deltamas sangat mudah diakses dari jalan tol Jakarta-Cikampek dengan akses utama di pintu KM 37 Cikarang Pusat.

Lihat postingan ini di Instagram

Padahal udah banyak mencoba merekam...cuma segini jadinya 😂 @savasa.deltamas @sinarmas_land #SavasaDeltamas #Sinarmasland Sebuah kiriman dibagikan oleh Hendra Gunawan (@ndraverne) pada 15 Sep 2018 jam 12:31 PDT
Dikembangkan oleh Sinar Mas La

HASDUK BERPOLA: Mengingatkan Akan Masa SD

Biasanya saya menulis seputar kegiatan Film Indonesia setelah saya mengikuti acara Screening, baik itu Gala Premiere, Press Screening atau pun Sneak Preview. Kali ini saya mencoba menceritakan satu Film Indonesia yang bertema tentang Nasionalisme & Patriotisme Kebangsaan yakni film HASDUK BERPOLA, film yang rencana awalnya tayang pada saat hari pahlawan 2012 mundur menjadi 21 Maret 2013. Mari kita simak Official Trailer dari HASDUK BERPOLA:


Dari tayangan awal yang diperlihatkan ada satu kegiatan di dalam PRAMUKA yang dikenal dengan istilah SEMAPHORE. Semaphore adalah suatu cara untuk mengirim dan menerima berita dengan menggunakan benderadayungbatang, tangan kosong atau dengan sarung tangan. Informasi yang didapat dibaca melalui posisi bendera atau tangan. Namun kini yang umumnya digunakan adalah bendera, yang dinamakan bendera semaphore. Pengiriman sandi melalui bendera semaphore ini menggunakan dua bendera, yang masing-masing bendera tersebut berukuran 45 cm x 45 cm. Bentuk bendera yang persegi merupakan penggabungan dua buah segitiga sama kaki yang berbeda warna. Warna yang digunakan sebenarnya bisa bermacam-macam, namun yang lazim digunakan adalah warna merah dan kuning, dimana letak warna merah selalu berada dekat tangkai bendera. Pada awal abad ke 19, semaphore digunakan dalam komunikasi kelautan. (via wikipedia).

Dalam tayangan selanjutnya Budi (diperankan oleh Bangkit Prasetyo), bersiap menuju sekolah dengan pakaian pramukanya walau hanya menggunakan hasduk dari bahan yang lusuh dan tidak bermotif merah putih seperti seharusnya. Dari balik pintu, adiknya Bening (diperankan oleh Fay Nabila Rizka) tampak mengamati. 
Kakak Pembina Pramuka, Nuri (diperankan oleh Alisia Rininta) dan Sita (diperankan oleh Meitha Thamrin) mengumumkan akan mengadakan kegiatan JAMBORE, yakni  Pertemuan Pramuka Penggalang dalam bentuk perkemahan besar. Teman-teman Budi tampak antusias menyambut acara JAMBORE, tidak dengan dirinya yang tertunduk lesu melihat hasduk yang dipakai olehnya. Selain Kak Nuri dan Kak Sita tampak juga Kak Nandi (diperankan oleh Calvin Jeremy) dan Kak Indra (diperankan oleh Petra Sihombing). 
Kakek dari Budi, Masnun (diperankan oleh Idris Sardi) seorang veteran perang yang telah berusia 79 tahun adalah salah satu pemberi semangat Budi untuk tetap mengikuti kegiatan JAMBORE, sang kakek sangat sayang kepada cucunya ini hingga sang Ibu, Rahayu (diperankan oleh Iga Mawarni) merasa sang kakek terlalu memanjakan Budi
Dalam film HASDUK BERPOLA ini Budi selalu berseteru dengan Kemal (diperankan oleh Azriel Nurvito Nusantara) yang sama-sama aktif di kegiatan ekstrakurikuler Pramuka. Bermacam cara dilakukan oleh Budi termasuk bekerja menjadi kuli panggul di pasar demi bisa membeli peralatan Pramuka yang akan digunakan saat JAMBORE nanti. 
Selain Bangkit Prasetyo dan Azriel Nurvito Nusantara terdapat 8 anak lagi pemeran dari teman-teman Budi dan Kemal, mereka adalah anak-anak berbakat dari Surabaya dan Bojonegoro. Di akhir dari trailer tampak kegiatan JAMBORE, mengingatkan akan masa SD saya saat mengikuti kegiatan ekstakurikuler Pramuka, yang paling saya ingat dari PERSAMI yang saya ikuti, saya tergabung ke dalam tim Garuda, lagu penyemangatnya pun saya masih dapat ingat.

"Dengan regu Garuda siap mengadu jiwa demi nusa dan bangsa..."

Informasi seputar film HASDUK BERPOLA dapat diikuti perkembangannya melalui Twitter: @HasdukBerpola dan Facebook fanspage: filmhasdukberpola. Semoga saya dapat menghadiri acara Gala Premiere dari film ini dan tentunya menambah koleksi undangan fisik Gala Premiere Film Indonesia yang saya kumpulkan.

Sumber gambar Semaphore saya ambil via pramukanet.org

Postingan populer dari blog ini

Menikmati Layanan Konten Premium KLIX TV yang Mengecewakan

Meriahnya Grand Launching Kopi Susu, Varian Terbarunya lapis Bogor Sangkuriang

Akhirnya E-KTP Pengganti Telah Tercetak